informasi tentang foto kucing, gambar kucing, wallpaper kucing, artikel kucing, perawatan kucing, jual kucing, ras kucing, kucing persia, dokter hewan, gambar kucing lucu

6 ++ Perbedaan Kucing Persia dan Anggora dan Himalaya

Perbedaan kucing persia dan anggora dan Himalaya. Kucing jenis Anggora & Persia adalah jajaran jenis kucing yg sangat sering ditemukan & dipelihara di negara kita Indonesia, bahkan termasuk kucing yang paling banyak dipelihara di beberapa negara di dunia. Untuk orang yg kurang banyak mengetahui tentang jenis dan macam kucing, bila mereka di tanya dengan pertanyaan “Kucing jenis apa yang mau kamu pelihara?” bisa dipastikan mayoritas/ kebanyakan mereka bakal menjawab, kepengen memlihara jenis kucing Persia atau kalau tidak jenis kucing Anggora atau kalapun tidak kucing Himalaya.
Gambar Kucing Anggora

2 jenis kucing nan indah ini memang sangat terkenal sebab memang banyak yg menyukai-nya. 2 kucing ini sama-sama memiliki bulu yg indah, panjang & sifatnya yg lucu menyebabkan begitu banyak orang mudah untuk tertarik dengannya. Untuk pecinta dan penggemar kucing bisa jadi bakal mudah utk mengetahui berbagai perbedaan antara jenis kucing Anggora, kucing Himalaya & kucing Persia, akan tetapi bagaimana halnya dgn orang awam yg belum mengetahui secara lebih detail mengenai kedua macam kucing peliharaan yang indah tersebut.

Baca Juga:
Foto Kucing Siberia, Si Eksotis dari Eropa
Foto Kucing Persia Sang Primadona Kucing Indonesia

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Supaya Anda mengetahui kucing apakah yg bakal kamu pelihara jenis kucing Anggora ataukah jenis kucing Persia, admin blog kucing ini akan menyajikan informasi detail mengenai perbedaan2 antara jenis kucing Anggora dan Persia ditinjau dari berbagai segi, bentuk tubuh, asalnya dan seterusnya:

Ditinjau dari Segi Daerah Asalnya

Untuk Kucing Anggora , jenis kucing ini ialah salah satu jenis kucing tertua dri kucing-kucing yang ada, kucing ini berasal dari wilayah Ankara (sebuah daerah di negara Turki) yg konon di kenal semenjak tahun 1600-an silam.
Perbedaan Kucing Persia dan Anggora dan Himalaya
Gambar Kucing Persia

Untuk Kucing Persia , jenis kucing ini mempunyai bulu yang biasanya / umumnya panjang, kucing jenis Persia ini sebenarnya berasal dri wilayah Persia (yang sekarang terbelah menjadi beberapa negara seperti :Iran, Irak dan sekitarnya), konon jenis kucing ini pertama kali dibawa dari Persia keluar daerah awalnya ke negara Italia lalu menjadi terkenal dan mulai tersebar luas ke beberapa negara-negara di dunia.

Ditinjau dari Segi Bentuk Wajah

Untuk Kucing Anggora, kucing jenis Anggora ini mempunyai bentuk muka/wajah layaknya jenis kucing biasa/lokal atau sering disebut kucing kampung, bentuk wajahnya sedikit mengarah bentuk segitiga dengan bentuk hidung yg agak sedikit mancung dan biasanya telinganya cagak enderung runcing & agak panjang.

Untuk jenis Kucing Persia, kucing Persia ini bentuk wajahnya terlihat cukup bulat, dgn hidung yg kebanyakan agak pesek (utk Persia Peaknose) atau tak terlalu terlihat mancung (utk jenis persia Medium), lantas bilaa kamu memperhatikan secara seksama bagian samping dr kucing ini, bagian dahi, bagian hidung & dagu terlihat agak datar. Bagian mata dari jenis kucing persia ini juga berfariasi di bandingkan dengan jenis kucing Anggora.

Ditinjau dari Segi Bentuk Tubuh

Untuk Kucing Anggora, kucing ini ukuran tubuhnya bisa dikatakan sangat ideal, kucing Anggora ini terlihat agak langsing dan ototnya tak terlalu menonjol. Anggora juga mempunyai bentuk tubuh yg terlihat agak lebih tinggi dari jenis kucing lainnya.

Untuk Kucing Persia, kucing ini terlihat agak lebih gemuk dan bulat di bandingkan dgn kucing jenis Anggora. Tubuhnya juga tak setinggi kucing jenis Anggora, sebab bisa di lihat dri bentuk kakinya yg pendek tapi kokoh besar dgn cakar yg terlihat agak membulat.

Dilihat dari Segi Bulunya

Semua macam kucing termasuk jenis Himalaya, kecuali jenis kucing Sphinx umumnya mempunyai bulu-bulu yg menyelimuti bagian tubuh kucing tersebut bahkan menutupi semua bagian badannya. Walaupun dari segi bentuk dan karakter kontras bulu itu kita bisa membedakan berbagai jenis dan macam kucing.

Untuk jenis Kucing Anggora , umumnya kucing macam ini mempunyai bulu yg tebal walaupun tak setebal bulu kucing jenis Persia, tapi pada bulu bagian ekor kucing jenis Anggora sangat tebal bahkan banyak disebut oleh sebagian orang sebagai kucing berekor musang saking miripnya dengan musang. Pada bulu wajah, bulu yg dipunyai kucing Anggora tak tebal dan tak pula panjang, bahkan lebih cenderung agak sedikit lebih terlihat lebat dibandingkan dgn kucing biasa atau lokal.

Untuk Kucing jenis Persia , kucing ini sangat dikenal sbg kucing yg bulunya terlihat tebal, bahkan jika anda lihat bulu di wajahnya aja memang sudahterlihat begitu tebal. Bahkan anggota badanya sebagian besar ditutupi bulu tebal tak terkecuali bagian lehernya, apalagi jika kucing Persia yang memang berdarah asli Persia, bakal terlihat dengan jelas ketebalan bulu tadi.

Ditinjau dari Segi Kepribadian

Untuk jenis Kucing Anggora , jeni kucing yang satu ini umumnya atau biasanya terlihat lebih aktif, sangat senang untuk bermain, terlihat begitu enerjik dan biasanya agak penurut di bandingkan dengan jenis kucing yang lain. Kucing jenis Anggora ini banyak disebut-sebut sebagai kucing yang cukup cerdas, sangat suka berinteraksi dgn manusia, mempunyai rasa ingin tahu yg sangat tinggi, sangat mudah untuk dilatih, luwes dalam beradaptasi & ramah dgn manusia dan kucing jenis lain bahkan hewan- hewan lain.
Perbedaan Kucing Persia dan Anggora dan Himalaya
Foto kucing Himalaya

Adapun Kucing jenis Persia, mempunyai sifat yg agak berbeda dgn kucing Persia, kucing ini biasanya lebih kalem, punya jiwa penurut, namun sedikit agak malas & biasanya agak manja.

Dilihat dari Aktifitas

Untuk Kucing jenis Anggora, ia dikenal sebagai kucing yang senang berdiam lama di lantai ataupun di samping pemiliknya, ia juga dikenal lebih waspada dgn lingkungan sekitar & biasanya suka pergi untuk mencari tempat yg tinggi di sekitar rumah utk dinaiki, kucing ini juga dikenal suka bermain & berlari-lari dgn temannya atau juga dengan pemiliknya. Cara berjalannya kucing jenis Anggora juga dikenal luwes, juga terlihat menggemaskan jika kita memperhatikan-nya sedang lari atau berjalan.

Adapun Kucing Persia, tak seaktif kucing Anggora, kucing Persia justru sebaliknya, cendrung agak malas dan pasif. Kucing ini cenderung lebih doyan diam di tempatnya ataupun bisa dikatakan lebih suka istirahat, cara jalannya juga cendrung manja dan pemalas.

Itu dia perbedaan kucing persia dan anggora dan Himalaya, lalu kalau demikian keadaanya, kadang bakal muncul pertanyaan : Mana yang lebih baik, meng-adopsi kucing Anggora, Himalaya atau Persia? 

Hal yang perlu sekali untuk diperhatikan terlebih dulu ialah terkait selera kamu. Bila kamu memang punya selera untuk memiliki kucing yg aktif & suka bermain serta bercengkrama denganmu, maka yang kamu pilih adalah kucing Anggora. Namun bila kamu memang menginginkan kucing yg imut, lucu & tak terlalu suka dengan aktifitas yang banyak dan tak mengganggu, maka pilihan tepat dalam hal ini ialah kucing Persia nan cantik plus imut itu.

Perbedaan kucing persia dan anggora dan Himalaya

Sengaja kami bedakan pembahasan terkait dengan perbedaan 2 kucing (Anggora dan Persia) dengan Himalaya agar pembahasan terkait kucing yang satu ini (Himalaya) bisa lebih detail dan panjang, silahkan anda simak ulasannya di bawah ini:

Pertama-tama hendaknya diketahui bahwasanya kucing jenis Himalaya ini bukanlah jenis kucing asli dan murni, akan tetapi kucing Himalaya ini merupakan hasil kawin silang atau istilah kerennya h”hasil mutasi gen” antara kucing jenis Persia dan kucing jenis siam, para ilmuwan diketahui banyak melakukan proses kawin silang ini untuk menghasilkan kucing jens baru sebagai bentuk pengembangan ras dan gen kucing agar bertambah banyak.

Kucing Himalaya termasuk jenis kucing favorit yang dipelihara oleh sekian banyak orang di dunia, kucing Himalaya berasal dari nnegara AS dan Inggris, sampai saat ini dikenal ada 2 rumpun / jenis kucing Himalaya, ada yang disebut dengan kucing Himalaya ekstrim yang dikenal sangat sensitif dan rentang sekali terkena dengan gangguan kesehatan sehingga pemilk kucing jenis ini harus ekstra hati-hati dalam masalah pemeliharaan, jenis kedua dari kucing Himalaya adalah kucing Himalaya tradisional, banyak ahli kucing merekomendasikan jenis kucing Himalaya ini untuk di adopsi atau dipelihara karena lebih kuat terhadap berbagai gangguan kesehatan.

Ciri-ciri kucing jenis himalaya

Secara umum kucing jenis Himalaya ini memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan jenis kucing Persia walaupun dalam beberapa hal ada sedikit perbedaan yang signifikan, mulai dari segi bulunya yang sangat mirip dengan kucing Persia begitu juga kegagahannya. Untuk lebih jelasnya kami akan coba jelaskan dari berbagai segi terkait ciri-ciri kucing jenis Himalaya ini:

Segi Bentuk Tubuh

Kucing himalaya terutama jenis Himalaya tradisional dikenal sbg kucing yg memiliki postur tubuh yang besar dgn tulang yg kuat. Untuk segi berat kucing jenis Himalaya ini bisa mencapai angka 4 kilogram bahkan bisa mencapai bobot 6 kilogram.

Bag.Kepala

Kepala kucing jenis himalaya ini cendrung agak bulat & identik sekali dgn hidung yg pesek. Bahkan segi kepesekan hidung kucing himalaya membuatnya diklasifikasikan menjadi 2 macam yaitu jenis Himalaya tradisional & jenis Himalaya ekstrim. Untuk bagian kepala biasanya warnanya putih walaupun biasanya juga didominasi oleh warna kecoklatan layaknya warna kucing jenis siam. Untuk ukuran telinga biasanya pendek seperti kucing persia. Utk mata, kucing himalaya mempunyai warna mata biru bulat & cendrung agak besar.

Kaki

Untuk kaki kucing jenis himalaya biasanya pendek dgn warna cendrung gelap di bandingkan dgn warna tubuhnya. Bagian kaki tersebut di lapisi dengan bulu lebat & ditompang olh cakar yg besar dan juga kuat.

Bagian Bulu & Ekor

Bulu yang dimiliki oleh kucing persia himalaya terbilang cukup lebat seperti halnya yang bisa dilihat pada jenis kucing2 persia yg lainnya. Bulu yang lebat & mengkilat memanglah menjadi ciri has jenis kucing persia, pembedanya hanya terletak pada color-point yg sangatlah dominan di bagian muka, juga kaki dan juga telinga. Sedangkan bagian ekor yg dimiliki oleh kucing himalaya cendrung cukup proporsional bila dibandingkan dgn ukuran tubuhnya.

Usia Kucing Himalaya

Mungkin bisa dikatakan hampir sama dgn jenis kucing persia lain, jenis kucing himalaya pula bisa bertahan hidup sampai 9 tahunan lamanya bahkan ada yang kadang sampai 15 thn jika diberikan perawatan yang bagus.

Karakter Kucing Persia

Kucing Himalaya tergolong kucing yg aktif, bahkan bisa dikatakan lebih aktif dibandingkan dgn persia yg lainnya, walaupun bisa dikatakan masih kalah jika dibandingkan dgn kucing siam. Kucing Himalaya termasuk kucing nan lembut dan doyan dengan suasana yang sepi walaupun ia termasuk kucing yang cendrung bawel dan rewel.

Perawatan Jenis Kucing Himalaya

Untuk perawatan kucing jenis ini lumayan agak membutuhkan prioritas dan perhatian ekstra, apalgi kucing Himalaya jenis ekstrim, ia sangatlah rentan dengan berbagai masalah kesehatan yang gampang sekali membelitnya, aktifitas pemeliharaan dan perhatian seperti : memandikan, menyisirkan bulunya termasuk aktifitas wajib bagi anda yang sedang memelihara kucing Himalaya ini. Namun di sarankan agar tak rugi dalam memelihara kucing sebaiknya anda tak memelihara kucing jenis Himalaya ekstrim yang mudah tertimpa penyakit.

Nah demikianlah yang bisa kami ulas untuk anda semua mengenai bahasan tentang kucing dengan judul Perbedaan kucing persia dan anggora dan Himalaya, sampai jumpa pada kesempatan berikutnya.

6 ++ Perbedaan Kucing Persia dan Anggora dan Himalaya Rating: 4.5 Posted By: aena rizku